1. PIN BlackBerry anda!

Setiap BlackBerry memiliki rangkaian nomor unik yang disebut PIN. PIN ini adalah bagiank dari BlackBerry dan tidak dapat diubah, walaupun anda mengganti-ganti kartu SIM anda. Ketika anda menerima unit Blackberry baru anda, hal pertama yang anda harus lakukan adalah, mencari nomor PIN BlackBerry anda. Caranya, masuk ke ikon Option –> Status di layar ini anda akan temui PIN anda.

Banyak pengguna BlackBerry yang tidak menyadari bahwa setiap kali anda menerima atau mengirim sesuatu dari atau ke BlackBerry anda, nomor PIN anda akan digunakan, baik pada saat browsing, menerima atau menjawab email, dan lain sebagainya. Memang anda tidak harus tahu, tapi ada baiknya anda mengetahuinya juga, demikian juga PIN BlackBerry teman anda.

Mengapa? jika anda mengentahui PIN, anda dapat menggunakan PIN ini di halaman alamat untuk mengirim sesuatu. Pengiriman menggunakan PIN ini aka mempercepat proses pengiriman data dari BlackBerry anda ke Blackberry tujuan. Jika menggunakan alamat email, email yang anda kirim harus melewati berbagai server. Untungnya, pada saat mengirim menggunakan PIN, anda akan mendapat konfirmasi bahwa data anda sudah diterima oleh BlackBerry tujuan, dengan tanda “D”kecil di sebelah kotak centang.

Komunikasi PIN juga akan sangat berguna, karena tidak bergantung kepada server perusahaan BlackBerry, atau server email, jadi jika pada saat server down, anda dapat terus berkomunikasi, selama anda saling mengenali PIN lawan.

2. Jalankan Wizard Setup.

Ketika anda menerima BlackBerry anda dan pertama kali menayalakan unit tersebut, BlackBerry akan menjalakan Setup Wizard. Banyak diantar pengguna yangt tidak mempedulikan Wizard ini karena ingin segera menggunakannya, hal inilah yang akan membuang-buang memori.

Setup Wizard ini akan melakukan banyak hal, dan terutama adalah membuang bahasa yang tidak ingin anda gunakan dari BlackBerry anda. Unit baru pada umumnya sudah disiapkan dengan banyak bahasa. Tiap bahasa, memakan memori di BlackBerry anda. Jika anda ingin menggunakan 1 bahasa saja, pastikan anda memilih hal tersebut pada saat Setup tadi, dan dengan hal ini, bahasa lain yang ada akan dihapus. Hal ini akan memperbesar memori kosong sehingga anda akan mendapat ruangan lebih untuk berbagai aplikasi dan email2 penting.

Selain itu, Wizard Setup akan memberikan anda tutorial baik untuk Navigasi dan Mengetik, dan akan memandu anda langkah demi langkah untuk mengakses email anda.

3. Selalu gunakan jempol.

Salah satu kesalahan yang sering orang lakukan pada saat menggunakan BlackBerry adalah tidak menggunakan jempol. Blackberry didesain untuk diketik dengan menggunakan kedua jempol anda. Mengetik satu persatu menggunakan telunjuk sama sekali bukan cara yang efektif untuk menggunakan BlackBerry, dan selain itu, karena desain yang ada tidak mendukungnya, maka kecepatan mengetik anda akan sangat rendah.

4. Hemat waktu dengan autotext.

Salah satu fitur yang selalu ada dalam BlackBerry. Mekanisme ini akan selalu mengenali kata yang anda tulis, dan akan kemudian segera membenarkan kata yang salah pada saat anda menekan spasi. Misalnya, anda mengetik acn, bukannya can, BlackBerry akan segera menggantinya dengan can pada saat anda menekan tombol spasi.

Fitur ini juga dapat sangat mempercepat pengetikan, beberapa fitur autotext juga memungkinkan anda mengetik dengan sangat cepat. Misal anda ingin memberitahukan agar lawan anda segera menelepon anda. Anda tinggal mengetik “Please call me at mynumber [spasi]” Email yang akan diterima oleh lawan anda akan berisi nomor anda. Demikian juga dengan kata mypin. Myver akan mengirimkan model BlackBerry yang anda gunakan dan OS yang ada dalam BlackBerry tersebut.

Dalam Options –> Autotext, anda dapat menentukan entry (atau perintah) untuk mengetik kata tertentu. Misal, anda sangat terbiasa untuk selalu mendapat follow up setelah meeting, dan anda sering menggunakan kalimat seperti: “Terima kasih atas waktu yang diberikan, saya akan segera menindak lanjuti hasil meeting tadi, sekiranya ada lagi yang bisa saya lakukan sebelum saya menindak lanjuti secara resmi, jangan ragu untuk memberitahukan kepada saya.” Kata ini dapat anda masukkan sebagai rapat21. Jadi setelah meeting besok pagi, di dalam lift, anda tinggal mengetik “Dear Bapak Deni, rapat21 [spasi]” dan anda akan dapat segera mengirimkan email follow up anda bukan?

5. Ingat shortcut

Banyak sekali shortcut yang dapat anda pakai untuk lebih mempercepat pengetikan di BlackBerry anda.

*Tekan dua kali [spasi] = titik dan 1 spasi
*Tekan huruf dan tahan, maka huruf tadi akan berubah menjadi Kapital. BlackBerry akan mengubah semua huruf menjadi kapital setiap kali ada tanda titik disebelahnya.
*www[spasi]kapanlagi[spasi]com.. lebih mudah lagi bukan?
*Pada saat mengetik alamat email, cukup gunakan arie[spasi]kapanlagi[spasi]net jauh lebih gampang bukan?

6. Beli Kartu Penyimpan

BlackBerry sekarang penuh dengan berbagai fitur multimedia seperti kamera dan video kamera. BlackBerry Media Player dapat memutar berbagai format audio dan video, dan juga menampilkan gambar. Untuk menampung semua hal tersebut dan dapat menggunakan secara maksimal, Kartu Penyimpan (Memory Card) akan lebih banyak membantu.

Jika memori internal BlackBerry mulai menipis, secara otomatis BlackBerry akan menghapus email lama, entri pada kalender, kontak, dan lain-lain, dan salah satu alasan memori internal menipis, apalagi jika bukan karena anda menyimpan berbagai file tadi. O ya, BlackBerry cenderung melambat, dan bahkan bisa sama sekali berhenti bekerja jika memorinya menipis.

Kartu Penyimpan, akan segera menjadi media penyimpan file utama pada saat anda memasukkan kartu pada BlackBerry anda.

7. Gunakan BlackBerry sebagai USB Drive anda
Jika anda memiliki kartu penyimpan di BlackBerry anda, dan anda menggunakannya dengan menggunakan Kabel USB ke komputer, BlackBerry akan memunculkan pesan “Do you want to turn on Mass Storage Mode?”. Jika anda setuju, maka komputer akan memandang BlackBerry anda sebagai drive baru. BlackBerry anda akan mengambil allih fungsi USB Drive. Hal ini akan membantu anda membawa dokumen penting dan yang sering anda gunakan kemanapun anda pergi.

8. Download dan Install BlackBerry Desktop Software

Anda dapat menggunakan BlackBerry anda tanpa menginstal program apapun ke komputer anda. Tapi, jika program ini anda install dalam komputer yang anda sering pakai bekerja, pemindahan file dan sinkronisasi dengan komputer adalah hal yang sangat mudah.

9. Install beberapa aplikasi blackberry yg penting

Program tambahan ini akan tentunya sangat membuatnya semakin canggih dan semakin mempermudah anda bekerja
Google Maps – GRATIS
Twitter for Blackberry
Vlingo – Aplikasi yang akan membuat anda seakan memiliki sekretaris, tinggal bicara kepada BlackBerry anda, dan dia akan mengetikkannya untuk anda – GRATIS!
FaceBook – FaceBook di BlackBerry anda, GRATIS JUGA!

10. Personalize BlackBerry anda!

Apalah gunanya pendukung bila tidak mencerminkan siapa anda. Ganti ringtone, wallpaper, theme baru, bahkan ikon dan layout layar anda.

Sumber: kapanlagi.com

Join Us!
Kirim email kosong ke
kombb-subscribe@yahoogroups.com
(Hanya Yahoo / Gmail yang akan diapprove)

About these ads