Tips berikut ini mungkin bisa dicoba pada handset BlackBerry anda, namun tidak akan berfungsi pada handphone lain (kecil kemungkinan berhasil, namun bisa juga sih dicoba). Kalau anda suatu hari mengalami musibah, BlackBerry anda dicuri orang atau jatuh dan tidak dikembalikan (hari gini, dari 1000 orang penemu BlackBerry di jalan mungkin cuma yang akan mengembalikan), anda bisa mencoba tips ini untuk bisa mendapatkan kembali BlackBerry anda.

Pertama kita perlu tahu, bahwa salah satu kegunaan utama BlackBerry dan yang paling disukai orang adalah fiturnya untuk selalu bisa terkoneksi dengan orang lain melalui BlackBerry Messenger, Yahoo Messenger atau fasilitas social network lain seperti Facebook, Friendster ataupun MySpace. Dan hampir setiap orang yang memiliki BlackBerry pasti mengaktifkan fitur onlinenya (kalau tidak, maka orang tersebut bisa dibilang agak ketinggalan, hari gini punya BlackBerry tapi tidak terkoneksi ke internet, mending punya Samsung Genoa deh. ). Fitur BlackBerry yang selalu membuat orang terkoneksi ini bisa kita manfaatkan untuk melacak kembali dimana BlackBerry anda semisal hilang. Pasalnya, di BlackBerry ada identifikasi yang berbeda dibanding dengan handphone lain (ini yang memungkinkan kita untuk melacak BlackBerry yang hilang), yaitu PIN. Dan setiap handset memiliki PIN yang unik dan berbeda-beda. Sedangkan untuk terkoneksi melalui internet (BlackBerry Messenger) diperlukan PIN tersebut. Dengan kata lain, setiap BlackBerry merepresentasikan pemiliknya (entah itu pemilik asli atau pemilik setelah pemilik asli).

Nah, disinilah yang bisa kita manfaatkan untuk mengembalikan BlackBerry yang hilang. Ingat bahwa tips ini tidak 100% persen berhasil dan sangat tergantung kepada jiwa sosial pemilik baru. Lho koq bisa begitu ? Anda akan tahu jawabannya setelah saya bagikan langkah-langkah apa yang harus anda lakukan berikut ini.

Langkah-Langkah Mengembalikan BlackBerry Yang Hilang :

1. Tentunya anda harus mempunyai sebuah BlackBerry lagi, tidak harus beli mungkin bisa dengan meminjam punya saudara atau teman. Dan anda harus mengingat PIN anda sendiri. Bila tidak ingat, minta teman anda yang sudah pernah anda masukkan dalam list contact BlackBerry Messenger anda untuk memberitahu anda PIN BlackBerry anda yang hilang.

2. Add PIN BlackBerry lama anda dan semoga dia yang memegang (atau dengan kata lain mencuri / menemukan tapi tidak dikembalikan) BlackBerry anda menerima undangan anda. Sebisa mungkin dalam menginvite gunakan nama yang lucu atau cantik atau macho. Saran saya gunakan nama yang menarik banyak orang. Khususnya gunakan nama cewek. Karena dominasi penjahat adalah kaum laki-laki itu adalah benar.Jadi anggap saja bahwa orang yang mencuri atau mengambil BlackBerry anda adalah cowok. Kalau anda menginvite dengan nama misal Luisa Anastasia Meliany, kemungkinan besar akan diapprove dibanding bila anda menginvite dengan nama saudara atau teman anda, Joko misalnya.

3. Tidak bisa langsung anda lacak dimana si empunya BlackBerry lama anda. Pelan-pelan bangun hubungan dengan si bad guy. Ingat, disini peran anda adalah cewek. Mintalah tips-tips pada teman cewek anda bagaimana membuat cowok-cowok tersengat listrik saat berkomunikasi dengan anda. Dan seperti saya sebut diatas, langkah ini juga tergantung jiwa sosial si pemilik baru. Kalau dia bukan orang yang suka menambah teman baru, makan akan sedikit sulit. Anda harus bersabat dan terus berusaha.

4. Sampai pada tahap dimana anda sudah dekat, mungkin anda bisa mengajak ketemuan. Ingat, jangan memaksa atau dia akan curiga.

5. Kalau sudah bisa bikin appointment, itu berarti anda sudah selangkah lagi menuju BlackBerry lama anda. Temui dia dan jangan lupa untuk membawa kardus lengkap BlackBerry lama anda beserta nota pembelian kalau masih ada. Kalau perlu, ajaklah pihak-pihak yang berwenang seperti polisi atau orang yang memiliki kuasa.

6. Begitu anda bertemu, anda bisa mengklaim BlackBerry anda tersebut. Namun harus anda perhatikan, bila tidak ada reaksi dari pemilik BlackBerry baru (seperti lari atau gugup), maka anda tidak boleh menuduhnya sebagai pencuri. Karena mungkin saja dia membeli secara Spanyol (atau Separuh Nyolong) atau karena alasan lain.

Inti dari semuanya ini kan adalah agar BlackBerry anda kembali ke tangan anda, bukan menangkap pencuri.
Namun, jika dia bereaksi dengan lari atau melakukan tindakan lain, maka anda bisa segera meringkusnya.

Sekian tips untuk mengembalikan BlackBerry yang hilang. Dan sekali lagi tips ini tidak menjamin 100% berhasil, namun tidak ada salahnya dicoba. Dan tips ini tidak berlaku untuk handphone lain, karena tidak adanya identifikasi khusus seperti PIN pada handphone lain layaknya yang tersedia pada BlackBerry. Semoga berhasil dan semoga BlackBerry hilang anda bisa anda dapat kembali.

Sumber: http://ganyos.com/tips-mengembalikan-blackberry-hilang.html

Join Us!

Blackberry milis:
Kirim email kosong ke
kombb-subscribe@yahoogroups.com

Note:
(Hanya Yahoo / Gmail yang akan diapprove)

About these ads