Ini sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari: Blackberry, ponsel, atau gadget elektronik dari saku baju Anda tercebur ke toilet atau ke genangan air, ketika Anda sedang membungkuk.

Lakukan P3BB ( Pertolongan Pertama Pada BlackBerry™)

lekas matikan BlackBerry® / gadget anda.

Dengan melepas baterai dari slotnya. Ini dimaksudkan untuk menghindari korsleting atau hubungan arus pendek pada rangkaian elektronik  /gadget itu.

Kemudian, keringkan BlackBerry Anda yang basah dengan kain hingga kering. Lalu letakkan BlackBerry itu di atas tumpukan beras. Sebab, beras memiliki afinitas kimiawi (gaya tarik) terhadap air. ( Belive or not) its real

Artinya, molekul-molekul pada beras memiliki semacam gaya magnet pada molekul-molekul air, sehingga sisa-sisa air pada ponsel akan meresap ke dalam beras.

Sistem ini mungkin hampir sama dengan sistem yang dimiliki oleh bungkusan silica gel yang berfungsi untuk menjaga kelembaban suatu barang elektronika, atau barang lainnya.

Teori mengeringkan air dengan menggunakan beras juga bukan pertama kalinya diperkenalkan. Sebelumnya, beberapa orang telah menggunakan beras untuk menjaga botol garam agar ia tetap kering

– Semoga berguna-

By: Ipang