foto 

Facebook diperkirakan bisa bernilai US$ 100 miliar (Rp 855 triliun) musim semi tahun depan, setelah keuntungan 2011 melebihi target.

Perusahaan ini dinilai berada di jalur yang benar untuk menghasilkan lebih dari US$ 2 miliar (Rp 17 triliun) – sebelum pajak dan bunga –  pada tahun 2011, karena melebihi semua target pendapatan iklan yang ditetapkan tahun lalu.

Beberapa tokoh yang mengetahui keuangan Facebook mengatakan kepada The Wall Street Journal bahwa mereka berpikir keuntungan perusahaan itu tumbuh pada tingkat yang cukup cepat untuk membenarkan penilaian sebesar US$ 100 miliar atau lebih ketika go public –  yang diharapkan tahun depan.

Penilaian itu akan membuatnya sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, mengalahkan raksasa seperti pengecer online Amazon.

Namun, orang yang mengungkapkan posisi keuangan perusahaan itu memperingatkan bahwa “menilai Facebook sulit karena selain hal-hal obyektif seperti potensi pendapatan, banyak tergantung pada sentimen pasar dan suasana ekonomi secara keseluruhan pada saat penawaran umum.”Facebook menolak berkomentar soal ini.

Pada awal tahun ini Goldman Sachs menginvestasikan US$ 450 juta di Facebook dalam kesepakatan yang menghargai situs jaringan sosial itu di US$ 50 miliar. Kelompok Rusia, Digital Sky Technologies juga menginvestasikan US$ 50 juta pada saat yang sama, sehingga total saham mereka lebih dari US$ 500 juta.

Berdasarkan penilaian Januari US$ 50 miliar, kekayaan pribadi Zuckerberg adalah sekitar US$ 14 miliar (Rp 120 triliun).

Sumber: Tempointeraktif

Join Us!
Kirim email kosong ke
kombb-subscribe@yahoogroups.com
(Hanya Yahoo / Gmail yang akan diapprove)