Salah satu fitur di perangkat BlackBerry yang paling terkenal adalah BlackBerry Messenger (BBM). Nah, kira-kira maukah Research In Motion (RIM) membuka akses BBM untuk dihubungkan dengan perangkat lain semisal Android?

Jika komunikasi lintas platform itu bisa terealisasi tentu saja ini akan menjadi sesuatu yang menarik bagi pengguna. Terlebih untuk Android, pengguna ponsel ‘si robot hijau’ mulai bergeliat. Hal ini pun ditunjang dengan serbuan deretan ponsel Android dari berbagai vendor.

Namun pertanyaannnya adalah, bagaimana dengan RIM? Apa mereka mau? Hal inilah yang menjadi salah satu isu yang dikejar sejumlah media TI kala meliput BlackBerry World 2011 di Orlando, Amerika Serikat beberapa hari lalu.

Mike Kirkup, Director of Developer Relations RIM mengatakan, pihaknya sejauh ini tidak memiliki rencana atau memiliki ketertarikan untuk membuka akses BBM bagi lintas platform. Baik itu untuk perangkat mobile atau PC.

Pasalnya, dikutip detikINET dari Berry Review, Senin (9/5/2011), BBM merupakan salah satu kunci utama kekuatan BlackBerry dalam menggaet pengguna. Jadi jika fitur ini juga bisa digunakan atau bisa diakes lewat perangkat lain, dikhawatirkan pengguna BlackBerry akan mudah berpindah ke lain hati.

“Alasan lain adalah terkait infrastruktur untuk menjalankan BBM adalah terlalu internal, sehingga jika dibuka untuk sistem di luar RIM malah akan menjadi ide yang buruk,” tukas Mike.

“Saya tidak mengatakan bahwa hal ini (membuka akses BBM-red.) tidak bisa terjadi, hanya saja saya tidak melihat benefit dari hal itu,” lanjutnya.

Sejauh ini, aplikasi chatting memang sudah banyak bersliweran di luaran. Namun RIM mengklaim bahwa dari aplikasi-aplikasi tersebut tak ada yang sebaik BBM.

“Sehingga saya percaya jika BBM harus tetap berada di tempatnya,” Mike menandaskan.

Pun demikian, RIM bukan berarti tertutup sama sekali untuk pengembangan BBM. Sebab sebelumnya, perusahaan asal Kanada ini telah mengumumkan untuk mengintegerasikan BBM dengan FourSquare.

Artinya sebentar lagi, check-in jejaring sosial berbasis lokasi Foursquare dapat dilakukan via BBM. Ya, pengguna dapat memanfaatkan fitur BBM untuk melakukan sharing lokasi dan informasi, serta berinteraksi dengan pengguna lain melalui Foursquare yang telah dipasang secara native.

Sayangnya, layanan ini hanya berlaku untuk pengguna BlackBerry OS 7. Sementara untuk saat ini, handset BlackBerry yang sudah mengusung OS 7 baru BlackBerry Touch 9900.

Sumber: Detikinet

Join Us!
Kirim email kosong ke
kombb-subscribe@yahoogroups.com
(Hanya Yahoo / Gmail yang akan diapprove)