BANYAK jalan menuju Roma. Banyak pula cara memakai fitur Blackberry secara cepat dan ringkas. Manfaatkan shortcut sehingga lebih mudah mengakses fitur-fitur tertentu. Caranya mudah, cukup manfaatkan berbagai keypad di jajaran QWERTY keypad.

Contoh paling mudah, saat mengetik pesan via BBM (Blackberry Messenger) terkadang ingin mengetik pesan panjang dan ingin pindah baris untuk mengetik kalimat berikutnya. Cara termudah, tekan tombol ´Shift´ diikuti tombol ´Enter´ dan ada belasan kiat yang berguna buat Anda terapkan, seperti dilansir asia.cnet.com.

1. Ingin tahu info detail tentang BB yang dipakai, seperti versi OS Blackberry, nomor PIN, nomor IMEI, kapasitas memori tersisa dan lainnya. Langkah termudah saat berada di halaman awal ´tekan tombol Alt bareng dengan Shift dan tombol H´.

2. Kadangkala kita ingin membuka website yang pernah dikunjungi. Sayangnya, tidak ingat alamat situsnya. Terapkan ini, masuk ke fitur History di browser dengan cara cepat ´tekan tombol huruf Y.´

3. Kalau ingin mengetik pesan dengan huruf kapital semua, agar tidak bolak-balik tekan tombol Shift maka pilih langkah ini: ´tekan tombol Alt diikuti tekan tombol Shift di sisi kanan jajaran tombol QWERTY.

4. Tempat-tempat tertentu melarang kita menyalakan ponsel seperti di tempat ibadah dan ruang rapat. Segera pindah ke mode getar (vibrasi), cukup dengan ´menekan dan tahan beberapa saat tombol huruf Q´ lalu ingin balik ke mode awal, tahan lagi tombol Q.

5. Ketika mengetik pesan seperti email, SMS ada cara cepat memasukkan tanggal tanpa harus mengetiknya. Caranya, ´tekan LD lalu tekan tombol Space untuk input tanggal, lalu ketik LT diakhiri tekan tombol Space untuk input jam.

6. Ketika menulis alamat email seseorang, ada cara cepat mengetik @ yaitu dengan ´menekan tombol Space.´

7. Saat berada di pesan masuk (Inbox) gunakan beberapa jalan pintas. Tekan tombol N untuk menampilkan pesan yang masuk pada hari berikutnya (Next Day), tekan P untuk hari sebelumnya (Previous Day), bisa juga tekan tombol T untuk tampilkan pesan paling atas (Top Message) atau tekan tombol B untuk pesan paling bawah (Bottom Message).

8. Pakai huruf besar saat ketik pesan kita tahu dengan cara menekan tombol Shift, tapi cara itu butuh waktu dan bikin ´bete´ pakai cara ini: ´tekan dan tahan beberapa saat tombol huruf yang dimaksud.´

9. Saat ketik pesan, ada cara lain memberi huruf titik di ujung kalimat tanpa harus mengetik tombol titik (.), sekaligus memberi jarak untuk setiap mengetik kalimat selanjutnya. Caranya: ´dengan menekan tombol Space dua kali.

10. Saat masuk ke menu Clock, ada beberapa shortcut masuk ke dalam fitur yang berhubungan dengan jam: ´tekan tombol huruf T untuk masuk ke fitur Timer, tekan S ke Stopwatch dan tekan C ke fitur Clock.

11. Saat sedang berada di menu Message, bisa untuk menampilkan daftar aktifitas bertelepon (Phone Calls, Missed Call, Receive Call) cukup dengan menekan tombol Alt diikuti tombol P (Alt + P).

12. Ketika membaca email lalu ingin mengetahui alamat email si pengirim, lakukan ini: “sorot nama pengirim di email lalu tekan tombol huruf Q.

13. Ketika browsing, coba tekan tombol R maka browser akan me-refresh halaman website atau tekan tombol huruf I untuk memperbesar tampilan halaman situs (Zoom In) dan tekan tombol huruf O untuk Zoom Out.

14. Saat berada di menu Message, tekanlah tombol Alt + I untuk hanya menampilkan pesan yang masuk (received message) atau tekan tombol Alt + O untuk hanya menampilkan pesan yang pernah dikirim (sent message).

Nah semoga info ini bermanfaat.

Sumber: primaironline.com