BlackBerry Soft Reset

Banyak pengguna Blackberry sudah mengetahui bahwa cara terbaik untuk melakukan reset terhadap Blackberry adalah dengan mencabut batere. Memang ada juga cara lain untuk melakukan reset Blackberry, yaitu dengan melakukan soft reset. Soft reset bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi third party atau dengan menekan tiga tombol pada Blackberry, yaitu ALT, SHIFT kanan dan DEL. Soft reset ini lebih disukai pengguna Blackberry karena tidak perlu capek-capek lepas batere, apalagi jika device dibungkus dengan casing. Untuk pengguna Storm dan Pearl reset hanya bisa melakukan dengan menggunakan cara hard reset.

Lantas apa perbedaan dari Hard Reset dengan Soft Reset?

Soft reset sebenarnya bukanlah cara yang baik untuk me-reset atau me-restart Blackberry. Soft disini artinya device di-reset dengan menggunakan SOFTware. Sedangkan hard reset, yang dilakukan dengan cara mencabut batere, artinya adalah device di-reset dengan dengan cara HARDware yang diputus koneksinya. Hal ini mirip dengan Windows PC. Pada Windows, untuk melakukan soft reset bisa dilakukan dengan cara menekan CTRL, ALT dan DEL secara bersamaan. Sedangkan untuk hard reset bisa dilakukan dengan melakukan shut down atau menekan tombol reset, atau pada Laptop bisa menekan tombol power agak lama.

Lantas mana yang lebih baik? Itu tergantung kepada kita. Jika memang kita malas untuk mencabut batere, silakan lakukan soft reset. Tetapi jika soft reset anda tidak mempan dalam hal menguarangi memory, coba lakukan hard reset deh. Pasti lebih mak nyosss!! He he he

Sumber: Jeruk Nipis