Salah satu tipe BlackBerry terbaru di tahun 2011 ini yaitu BlackBerry 9810 Torch 2 yang mempunyai kode nama Jennings.

BlackBerry yang satu ini bisa dibilang adalah penerus dari generasi Torch versi awal yaitu itu tipe 9800. Tapi tampil dengan lebih baru dan spesifikasi yang jauh lebih tinggi.

Mendarat dimeja redaksi jeruknipis.com beberapa hari yang lalu, sebuah BlackBerry 9810 Torch2 aka Jennings yang akan kami review. Seperti apa reviewnya?

Kami mendapatkan BlackBerry Bold Touch 9810 ini dalam kondisi baru (BNIB- Brand New in Box). Seperti biasa, apabila membeli sebuah BlackBerry baru, isi dalam boxnya adalah: 1 unit BlackBerry 9810, battery original tipe FS-1, polishing cloth, Handsfree, charger model kotak yang harus menggunakan kabel data ketika charging, kabel data microUSB dan beberapa buku panduan.

Kebetulan yang kami dapat ini adalah khusus untuk rilis dengan operator AT&T. Tetapi sudah dalam kondisi unlock dan bisa digunakan untuk semua operator GSM di Indonesia.

Desain dari BlackBerry Torch 2 9810 aka Jennings sebenarnya mirip dengan seri 9800 Torch yang rilis di tahun 2010. Tetapi yang menjadi perbedaan yang terlihat dari tampilan fisik adalah warna silver dengan dimensi 111 x 61.9 x 14.5 mm dan berat hanya 161 gr.

Meskipun juga tersedia dalam warna putih tetapi untuk warna putih tidak ada perbedaan fisik yang berarti dengan tipe 9800.

Masuk ke spesifikasi layar. Layar yang digunakan adalah TFT LCD capacitive touchscreen yang dapat menghasilkan 16 juta warna. Resolusinya 480 x 640 pixels dengan ukuran layar 3.2 inches.

Setelah kami test cukup menarik resolusi tampilan screennya. Jernih dan terang. Apalagi dengan dukungan OS 7. Tampilan layar menjadi terlihat lebih baru dibandingkan dengan tipe 9800.

Untuk kamera apabila dibandingkan dengan Torch 9800 tidak ada peningkatan yang signifikan. Hanya ada tambahan fitur image stabilization yang fungsinya mengcapture gambar agar tidak goyang. Tetapi untuk video recording pada tipe 9810 ini sudah support resolusi HD 720p. Hasilnya pun sangat bagus tidak patah-patah ketika di test untuk capture.

Dicoba untuk mengetest memainkan lagu-lagu MP3, suara yang dihasilkan dari handsfree bawaan cukup menghibur. Loudspeaker pun tidak kalah bagus.

Masuk ke tampilan layar. Dengan tampilan menu dari OS 7 sebenarnya dari tampilan tidak banyak berubah dengan BlackBerry OS 6.0 yang sudah ditanam di BlackBerry 9800.

Tetapi karena sudah didukung dengan prosesor 1.2Ghz, dicoba menswipe menu, masuk media, melihat pictures dan lain-lain tidak ada lag sedikitpun. Touch screen pada 9810 ini pun cukup responsif.

Keypad QWERTY yang terdapat pada Torch 9810, cukup nyaman. Apabila Anda sebelumnya pengguna tipe 9800, seharusnya tidak ada perubahaan yang signifikan apabila di gunakan mengetik email maupun chat di BBM.

Dibantu dengan fitur touch screen, membuat penggunaannya semakin nyaman. Dicoba untuk mengetik sepertinya suara cetok cetok yang sedikit agak menggangu pada tipe 9800 agak lebih diredam pada tipe 9810 ini.

Untuk spesifikasi BlackBerry Bold Touch 9810 ini:

3.2 inch TFT LCD capacitive
Prosesor 1.2Ghz,
RAM 768 – 8GB eMMC
5.0 MP camera autofocus, image stabilization
HD Recording 720p
Bluetooth
Wifi
GPS.

Kami juga coba test bridge dengan BlackBerry PlayBook. Setelah terpairing dengan BlackBerry Bridge, Ditest menggunakan bridge browser, BBM dari PlayBook berjalan dengan lancar.

Secara hardware memang lancar, tetapi kembali lagi dengan koneksi, apabila koneksi kurang bagus maka ketika browsing menggunakan bridge browser pun akan terhambat.

Baterai yang digunakan adalah tipe FS-1 berkapasitas 1270 mAh. Hasil yang didapat dalam pemakaian normal selama 2 hari ini adalah kurang lebih 9 jam, mulai dari Full hingga pemakaian mencapai 10%. Dengan penggunaan email untuk kerja, browsing, BBM, twitter dan Facebook.

[+]

Bentuknya yang mirip dengan tipe Torch 9800 bagi penggemar setia tipe 9800, pasti akan berganti ke tipe 9810
BlackBerry OS 7.0 out-of-the-box.
Prosesor 1.2 Ghz yang membuat proses lebih cepat dan tidak lag
Ukuran layar 3.2 inch TFT capacitive multitouch
RAM 768Mb didukung eMMC 8GB cukup besar dikelasnya
HD Video Recording (720p)

[-]

Bentuknya yang mirip dengan tipe sebelumnya membuat orang mungkin tidak tertarik apabila tidak menyukai tipe 9800. Secara bentuk tidak ada perubahan yang signifikan.
Kelemahan ponsel tipe slide, pada slidenya mudah oblak apabila sering digunakan.

Kesimpulan:

Tipe 9810 aka Jennings ini sebenarnya cocok bagi pengguna tipe 9800 yang ingin berganti sistem operasi tetapi tidak ingin berganti bentuk. Karena bentuk sangatlah persis dengan tipe 9800.

Tetapi sudah menggunakan prosesor 1.2Ghz dan OS 7. Tetapi ketika ingin mengetik menggunakan keypad, usahakan berhati-hati dalam men slidenya, karena lama-kelamaan akan terjadi oblak yang sebenarnya bisa diperbaiki dengan hanya mengencangkan baut pada casing. Tipe 9810 apakah menjadi pilihan BlackBerry Anda tahun ini?

Sumber: Tim jeruknipis.com

Join Us!
Kirim email kosong ke
kombb-subscribe@yahoogroups.com
(Hanya Yahoo / Gmail yang akan diapprove)