Layanan BlackBerry Messenger (BBM) sempat mati total di sejumlah negara. Meski dinilai merugikan, agaknya ada manfaatnya juga BBM mati, yakni menekan angka kecelakaan kendaraan.

Di Uni Emirat Arab, layanan BBM sempat terganggu parah selama 3 hari. Nah pada saat terjadinya masalah itu, jumlah kecelakaan di kota Dubai menurun 20% dari hari-hari biasa. Sedangkan di kota Abu Dhabi, jumlah insiden berkendara menurun 40%. Aparat di kedua kota menghubungkan menurunnya angka kecelakaan dengan gangguan BlackBerry.

Sebab dengan terganggunya layanan BlackBerry, pengendara mobil tidak lagi bandel memakai ponsel selagi mengemudi. Alhasil level konsentrasi mereka meningkat dan jumlah kecelakaan menurun. “Kecelakaan menurun 40% dan kenyataannya, layanan BlackBerry down berkontribusi pada hal itu,” ucap Gen Al Harethi, direktur Abu Dhabi Police Traffic Department yang detikINET kutip dari The National, Senin (17/10/2011).

Mengemudikan mobil sambil mengutak atik ponsel memang tengah menggejala di Uni Emirat Arab. Tidak jarang kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa disebabkan karena pengendara kehilangan konsentrasi gara-gara ponsel.

Layanan BlackBerry sendiri sempat bermasalah di berbagai wilayah termasuk Timur Tengah dan membuat jutaan konsumen tidak bisa menggunakan handsetnya dengan maksimal. Pihak RIM menyatakan masalah tersebut sudah dapat diatasi.

Sumber: Detik-iNet

Sent from **********