Poin utama dalam pertikaian di antara Android dan iPhone, adalah soal ide asli mengenai desain dan rasa dari smartphone tersebut.

Sebuah foto yang muncul di internet baru-baru ini, mungkin bisa membantu pertikaian tersebut. Andrew Warner seorang blogger yang mengulas teknologi, mempublikasikan kembali sebuah foto ponsel yang diambil pada 2007 dan diposting Gizmodo.

Ponsel dalam foto tersebut diklaim sebagai prototype Android. Yang menarik, cikal bakal ponsel Android ternyata tidak seperti iPhone melainkan lebih mirip BlackBerry.

Dalam foto yang kini beredar luas di internet itu, tampak sebuah ponsel berbentuk persegi panjang yang gemuk, dengan layar kecil dan fitur qwerty. Terdapat pula tombol navigasi pada bagian tengah.

Dilaporkan PC Mag dan dikutip detikINET, Selasa (1/11/2011), sebulan setelah prototype itu dipublikasikan, iPhone yang dirilis iPhone dengan cepat menjadi salah satu handset yang paling didambakan sebagian besar warga Amerika. Kemudian pada Januari 2010, ponsel-ponsel Android layar sentuh yang mirip iPhone merangsek pasar smartphone.

Mantan CEO Apple Steve Jobs memiliki sejarah hubungan yang tidak baik dengan Android. Dalam sebuah wawancara untuk buku biografinya sebelum dia meninggal dunia, Jobs mengatakan bahwa Android adalah produk curian.

“Saya akan menghancurkan Android, karena itu adalah barang curian. Saya akan meluncurkan perang termonuklir atas ini,” demikian dikatakan Jobs seperti dituliskan sang penulis biografi Steve Jobs, Walter Isaacson.