KOMPAS.com – Research In Motion (RIM) sedang menyiapkan generasi baru BlackBerry. Nantinya generasi baru ini akan menggunakan sistem operasi BBX, keturunan sistem operasi yang dipakai PlayBook.

Kepada PC Magazine, RIM memastikan bahwa perangkat tersebut akan memiliki resolusi dan rasio layar setara PlayBook, yaitu 1024 x 600 pixel. Ukuran ini cukup janggal jika yang dibayangkan adalah ponsel BlackBerry seperti Bold atau Curve yang memiliki keyboard Qwerty di bawah layar.

Oleh karena itu, muncul dugaan bahwa BlackBerry terbaru yang dirumorkan memiliki nama kode Colt itu tak akan memiliki keyboard. Atau, jikapun ada, keyboard-nya akan berbentuk geser (sliding).

Resolusi layar itu juga terkait kompatibilitas aplikasi. Sehingga, aplikasi yang dibuat untuk PlayBook bisa berjalan lebih lancar di BlackBerry Colt.

Sistem operasi yang digunakan PlayBook memiliki berbagai pilihan pengembangan untuk aplikasi yang berjalan di atasnya. Pilihan itu mencakup bawaan / native, Adobe Air, Qt hingga Android.

BlackBerry Colt rumornya akan tersedia pada awal 2012. Tentunya, pada saat dirilis nanti, ponsel ini akan memiliki nama resmi tertentu.