SMS spam yang masuk ke ponsel membuat sebagian orang merasa tidak nyaman. Penawaran yang diajukan kadang tak sesuai dengan kebutuhan. Malah kadang hanya menyita waktu karena harus membuka dan membacanya.

Sebuah aplikasi bernama “smsBlocker” mengklaim dapat menghadang SMS spam secara otomatis. Bahkan perusahaan pembuat aplikasi ini, Optinno Mobitech, asal Pune, India, membuat aplikasi bernama “smsBlocker khusus Indonesia.”

Benarkah smsBlocker bisa memblokir SMS Spam yang menggunakan Bahasa Indonesia? Simakreview Kompas.com berikut ini.

Saat ini, smsBlocker dapat digunakan di smartphone berbasis BlackBerry dan Android, yang bisa Anda unduh dari BlackBerry App World dan Android MarketKompas.com melakukan review dengan smartphone bersistem operasi Android.

Aplikasi ini menggunakan sebuah algoritma khusus untuk memblokir SMS iklan. smsBloker dapat melakukan scanning dan menyaring SMS spam.

Cara kerjanya, setiap SMS yang datang ke ponsel akan di-scan dalam kombinasi lebih dari 7000 kasus spam yang telah diprogram.

Hal ini memungkinkan aplikasi untuk mengenali, apakah sebuah SMS termasuk spam atau tidak.

Ini adalah contoh SMS spam yang berhasil diblok oleh smsBlocker (identitas pengirim pesan dikaburkan)

SMS spam yang berhasil diblok smsBlocker (blur)

Blokir SMS spam dan SMS dari nomor lain yang tidak diinginkan

Terdapat 5 menu di bar aplikasi ini, yaitu Blocks, Allow, Filter, Logs, dan Settings.

Terdapat 5 menu di smsBlocker

Pada menu Blocks, Anda dapat mengisi nomor khusus atau nomor siapa saja yang ingin diblok. Saat menambahkan nomor yang  hendak diblokir, akan muncul 3 pilihan, apakah Anda mau mengambil nomor itu dari inbox, phonebook, atau manual entry.
Nomor yang Anda pilih itu tidak akan diblokir selamanya, karena Anda bisa membuka blok tersebut kapan saja, semaunya.

Filter konten SMS

Aplikasi memungkinkan Anda untuk menyaring konten SMS. Jika Anda salah seorang yang tidak nyaman dengan SMS penawaran diskon, maka Anda dapat melakukan blok konten dengan memasukkan kata “diskon atau discount” di menu Filter.

Ketika datang SMS yang di dalamnya terdapat kata “diskon atau discount” aplikasi ini secara otomatis tidak mengijinkannya masuk ke inbox. Akan muncul pilihan Always block, Allow this time, dan Always allow.

Filter konten SMS di aplikasi smsBlocker

Notifikasi akan tetap ada ketika Anda menerima SMS spam atau SMS dengan konten yang diblok.
Semua SMS yang diblok tidak akan hilang sepenuhnya, melainkan masuk ke folder khusus dalam smsBlocker. Anda dapat melihatnya di menu Logs.

Menu Logs di smsBlocker

 Sumber: Kompas.com