WeChat, layanan komunikasi sosial yang tersedia untuk smartphone semakin mendapat sambutan hangat dari para pengguna ponsel di Indonesia sejak peluncurannya di akhir tahun yang lalu. Pada bulan Januari 2013 ini, aplikasi WeChat telah mampu merangkul lebih dari 300 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia. Setelah sebelumnya tersedia untuk berbagai sistem operasi, antara lain Android, iOS, Windows Phone, dan Symbian, kini WeChat memperluas jangkauannya ke perangkat Blackberry, salah satu platform mobile yang paling besar jumlah penggunanya di Indonesia.

WeChat untuk Blackberry datang dengan fitur-fitur inovatif seperti pada Android, Windows Phone, Symbian ataupun iOS. Selain itu, karena menggunakan jaringan Blackberry yang resmi, maka pengguna yang menggunakan paket ‘chatting’ saja juga bisa menggunakan aplikasi ini dengan lancar. Dalam versi 1.0, pengguna bisa melakukan hal-hal berikut:

Keunggulan WeChat:

1. Berkirim dan menerima pesan instan dengan gambar
WeChat memberi kebebasan untuk mengirim dan menerima pesan secara real-time melintasi berbagai platform mobile yang berbeda, termasuk iOS (iPhone, iPad dan iPod touch), Android, Symbian, dan perangkat Windows Phone, gratis tanpa biaya. Selain berkirim pesan, pengguna juga bisa mengirimkan gambar atau foto dari album mereka untuk berbagi dengan teman dan rekan kerja secara cepat.

2. Pesan Suara atau ‘Hold to Talk’
Fitur yang unik dan paling berguna menurut para pengguna WeChat adalah ‘Hold to Talk’. Pengguna bisa saling berkirim pesan suara dan menghemat waktu yang diperlukan untuk mengetik. Untuk berkirim pesan suara, pengguna hanya perlu menekan tombol ‘Dial’ di perangkat Blackberry atau tombol ‘Space’ untuk langsung berbicara. Fitur pesan suara ini gratis digunakan pada WeChat di semua platform.

3. Fitur Chat Berkelompok
Salah satu kekuatan dari WeChat dibandingkan aplikasi lain adalah fitur Group Chat. Menggunakan Group Chat, pengguna bisa mengajak hingga 40 teman atau kenalan untuk bergabung dalam pembicaraan pada waktu yang bersamaan. Karena WeChat sudah ditingkatkan lagi kinerjanya, pembicaraan berkelompok dengan anggota yang banyak sekalipun akan bisa dilakukan dengan cepat dan bisa diandalkan.

4. Emoticon dan Ubahsuai Profil Pribadi
Untuk pembicaraan yang lebih menyenangkan, WeChat untuk Blackberry juga mendukung banyak emoticon untuk mengungkapkan perasaan. Pengguna juga bisa log-in ke jaringan WeChat menggunakan beberapa cara yang bisa dipilih oleh pengguna. Pertama, pengguna bisa log-in ke WeChat menggunakan nomor telepon mereka, atau log-in menggunakan akun WeChat yang sudah terdaftarkan. Bila dirasa lebih nyaman, pengguna juga bisa log-in menggunakan Facebook, di mana kemudian mereka bisa menambahkan data kontak dari daftar teman di Facebook. Pengguna WeChat juga bisa berbagi status, mengupdate foto pada profil pribadi, dan menetapkan sebuah WeChat ID untuk menyederhanakan proses pencarian nama.

WeChat untuk Blackberry sudah tersedia mulai dari 26 Desember 2012, dan bisa diunduh baik dari Blackberry AppWorld, dan juga situs http://www.wechat.com/en

Mengenai WeChat
WeChat adalah aplikasi pesan suara dan teks gratis yang memungkinkan para penggunanya untuk saling berkirim teks, pesan suara, emoticon, gambar, video, dan fail-fail lainnya. Pengguna juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk video chat, menambah teman baru lewat fitur sosial yang aplikasi miliki, memanfaatkan Location-based services, serta berbagi cerita mereka melalui fitur ‘Moments’. Aplikasi WeChat tersedia untuk iOS, Android OS, Symbian, Blackberry dan Windows Phone. Untuk informasi lebih lanjut dan pengunduhan aplikasi silakan kunjungi http://www.wechatapp.com