Headline

Metrotvnews.com: Research in Motion (RIM) akan meluncurkan sistem operasi BlackBerry (BB) 10 pada Rabu (30/1) malam. Kira-kira, apa saja ya yang akan dipamerkan di ajang tersebut? Berikut prediksinya.

1. BlackBerry Z10

Ponsel pintar (smartphone) BlackBerry pertama yang mengusung sistem operasi BB 10 menyimpan sejumlah rahasia. Bocoran tentang desain akhirnya juga pernah muncul di internet pada Desember 2012. Minggu, video yang menampilkan ukuran fisik dan antarmuka handset yang disebut Z10 itu beredar di internet.

Di ajang peluncuran sistem operasi BB 10, RIM kelihatannya akan mengumumkan spesifikasi lengkap Z10 berikut harganya.

2. Operator telekomunikasi

RIM tidak hanya menjual banyaksmartphone di Amerika Serikat (AS), tetapi juga memiliki hubungan baik dengan operator telekomunikasi di berbagai negara. Perusahaan yang berbasis di Kanada itu akan meluncurkan BB 10 di lima negara sekaligus dan sepertinya mereka akan menyebutkan semua operator yang bermitra dengannya.

3. Pengembang aplikasi

RIM kemungkinan akan menyebutkan bahwa mereka 15 ribu aplikasi yang dapat digunakan di BlackBerry 10 dan handsetBB pendukungnya.

4. Smartphone BB 10 pertama dengan papan ketik

Meski rancangan sistem operasi BB 10 lebih fokus untuk produk berlayar sentuh, RIM sepertinya akan tetap memenuhi keinginan konsumen penyuka papan ketik fisik. Di acara peluncuran nanti malam, RIM diperkirakan akan meluncurkan perangkat dengan papan ketik fisik itu.