YouTube

YouTube sudah menjadi tempat menyimpan dan share video yang paling laris saat ini. Hanya dengan share video pribadi melalui YouTube, banyak orang yang menjadi terkenal bahkan mendadak menjadi Celebrity. Contohnya adalah Justin Bieber dari USA dan juga lagu Keong Racun dari Indonesia.

Yang menjadi masalah adalah bagaimana caranya kita bisa mengunduh video-video di YouTube menggunakan smartphone, terutama melalui Blackberry. Dua orang Anak Bangsa bernama Fachrul Rozy dan Irviano Yuditha ternyata telah memikirkan hal tersebut. Berawal dari mereka mencoba untuk mengunduh video melalui Blackberry, ternyata hasilnya tidak maksimal, karena formatnya sudah dirubah menjadi 3gp, sedangkan mereka menginginkan video yang berformat MP4. Akhirnya, Fachrul dan Irviano memutuskan untuk membuat mobile website, dimana pengguna Blackberry dapat mengunduh langsung video-video favorit-nya yang berada di YouTube. Mobile website-nya diberi nama: http://m.duoberry.com/

Kelebihan dari mobile website ciptaannya adalah kita tidak perlu menginstall lagi aplikasi pihak ketiga. Cukup masuk ke website-nya melalui Browser Blackberry. Tim Jeruk Nipis sudah mencoba mengunduh video kesukaannya berformat MP4 dengan besar file sekitar 5 MB, berhasil dengan sukses! Salut untuk duoberry!