virus%20blackberry.JPG
Benarkah sudah ada virus di BlackBerry? Sejauh ini belum ada virus yang bisa meng-infeksi OS Blackberry. Yang ada adalah virus yang menyerang media card (memory eksternal) di Blackberry. Bagaimana cara kerja virus tersebut? Pada saat Blackberry disambungkan dengan komputer menggunakan kabel usb, maka saat itu virus bisa masuk ke media card karena Blackberry beralih fungsi menjadi USB storage.

Berikut ciri-ciri file di memory card yang sudah terinveksi virus :

1. Ada beberapa file yang memiliki ukuran sama

2. Ada folder yang sepertinya hilang (disembunyikan virus) dan akan muncul shortcut dengan nama yang sama dengan folder yang disembunyikan virus tersebut.

3. Ada file yang memiliki extension lebih dari satu, misalnya : xxxx.exe.zip

Lantas bagaimana caranya kita membasmi virus tersebut?

1. Cari komputer yang anti virusnya selalu terupdate online. (Bisa juga menggunakan anti virus buatan lokal, sekarang sudah banyak yang bagus, karena biasanya komputer-komputer di Indonesia paling banyak terinfeksi dengan virus lokal alias buatan Indonesia)

2. Sambungkan BlackBerry ke komputer tersebut dan pada saat muncul pop up menu, pilih Blackberry sebagai USB storage

3. Scan memory card di BlackBerry dengan menggunakan anti virus yang ada di komputer

4. Urutkan file berdasarkan ukuran/size dan bebrapa file yang berukuran sama dan diindikasikan sebagai virus lebih baik dihapus / delete.

5. Apabila ada file dengan extension lebih yang lebih dari satu, segera hapus/delete file tersebut.

6. Yang paling penting adalah, setelah media card bersih jangan sembarangan copy file ke dalam media card menggunakan komputer yang tidak memiliki anti virus yang ter-update.