detail berita

Para pengguna gadget pasti mendambakan smartphone yang memiliki performa mumpuni saat berselancar di jagad maya. Nah, dari BlackBerry Z10, iPhone 5, Samsung Galaxy Note II, Ativ Odyssey, manakah yang memiliki ketangguhan dalam hal aplikasi perambannya?

Mobileburn
 mencoba memaparkan performa dari masing-masing smartphone itu dari beberapa metode pengujian, yakni Browsermark, JavaScript, hingga Ringtest. Bagaimana hasilnya? Berikut paparannya.

Dalam video ujicoba yang di-posting ke situs berbagi video, YouTube. Saat diuji coba dengan metode Browsermark, BlackBerry Z10 memiliki performa yang lebih cepat ketimbang iPhone 5, Samsung Galaxy Note II, Ativ Odyssey.

iPhone 5 menunjukkan skor terendah dengan 1448, Samsung Ativ Odssey 1780, Galaxy Note II 2366, dan yang tertinggi BlackBerry Z10 2382. Menariknya, kinerja prosesor dual-core Z10 melampau Note II yang notabene dipacu dengan prosesor quad-core.

BlackBerry Z10 bisa dikatakan unggul dalam tes ketangguhan browser dengan metode yang pertama. Kemudian bagaimana hasil dengan test menggunakan JavaScript? Ya, boleh dikatakan Z10 unggul pada test pertama, sayangnya pada uji dengan metode JavaScript BlackBerry Z10 mendapat nilai paling bawah.

Pada JavaScript, bila skor lebih kecil maka dapat dikatakan browser tersebut lebih unggul. Hasil test menunjukan, iPhone 5 memperoleh hasil 916.4ms, Ativ Odyssey 1506.4ms, Galaxy Note II 1054.5ms, dan Z10 1963.4ms.

Nah untuk menyimpulkan smartphone lebih unggul, mungkin uji Ringtest dapat menjadi landasan seberapa mumpuni browser di smartphone tersebut. Dalam hasil ujicoba yang dilakukan, BlackBerry Z10 lebih unggul ketimbang tiga smartphone lainnya. Di mana Z10 berhasil melampaui Ring 1. 

Ring 1 berkaitan mengenai apa yang dibutuhkan para pengembang untuk membuat dan memaksimalkan produksi aplikasi berbasis HTML5 – 2D game, music game, video game dan aplikasi kamera.

Artinya, browser yang terdapat di Z10 tidak akan mengalami kedala saat menjalankan sejumlah aplikasi tersebut, dan iPhone 5, Galaxy Note II, dan Ativ Odyssey tidak memiliki kemampuan yang sama dengan BlackBerry Z10.