detail berita

Respon konsumen terhadap perangkat anyar BlackBerry, Z10 cukup positif. Penjualan perangkat berbasis BlackBerry 10 itu mencatatkan rekor di Kanada — markas BlackBerry.

“Di Kanada, Kemarin merupakan hari terbaik dalam sejarah peluncuran smartphone BlackBerry. Bahkan, lebih baik 50 persen dari peluncuran lainnya dalam sejarah kami di Kanada,” ungkap CEO BlackBerry Thorsten Heins seperti dikutip Okezone melalui situs resminya, Kamis (7/2/2013).

Orang nomor satu di BlackBerry itu menambahkan, hasil positif dalam penjualan Z10 juga terjadi di Inggris. Di mana, perusahaan hampir mencatatkan penjualan tiga kali lipat penjualan terbaik yang pernah dibukukan perusahaan pada awal pekan penjualan smartphone BlackBerry di negeri ‘Three Lions’ itu.

Diketahui, BlackBerry Z10 memang sudah mulai dijual di Inggris dan Kanada. Laporan dari Jefferies & CO menunjukan, handset anyar BlackBerry — sebelumnya Research In Motion (RIM) — memperoleh respon permintaan yang solid di Uni Emirat Arab dan Kanada. Di dua wilayah itu, Z10 sudah mulai dapat dipesan beberapa waktu yang lalu.

Di Inggris misalnya, AllThingsD mengungkapkan, varian warna putih dari Z10 sudah mengalami masalah persediaan. Meskipun versi hitam dari perangkat itu masih cukup tersedia.

“Kami percaya Carphone Warehouse mencatatkan penjualan yang bagus, sementara O2, Vodafone, Orange dan EE melihat permintaan yang kuat. Kami memperkirakan ratusan ribu unit telah terjual,” ucap analis Jefferies, Peter Misek beberapa waktu lalu.

BlackBerry Z10 juga diharapkan memperoleh respon permintaan yang tinggi di Amerika Serikat pada Maret mendatang.

Mengusung layar sentuh kapasitif 4,2 inci 16 juta warna bresolusi 268×1280 dengan kerapatan piksel 355ppi. Fitur utama layar sentuh tanpa dibekali keyboard fisik dilengkapi dengan fitur multitouch.

Dikemas chipset Qualcomm MSM8960 Snapdragon, smartphone ini diperkuat dengan prosesor dual-core Krait 1,5GHz dengan Graphic Processing Unit (GPU) Adreno 225. Berjalan pada sistem operasi anyar BlackBerry 10, Z10 dilengkapi dengan kamera utama 8 megapiksel dengan fitur LED flash, autofokus dan dapat menghasilkan gambar hingga resolusi 3264×2448.

Untuk mendukung video call, Z10 juga dilengkapi dengan kamera depan 2 megapiksel dan baterai Li-ion 1800 mAh yang dapat bertahan hinga 10 jam Talktime.