BlackBerry telah membangun keberhasilannya sebagai perangkat ergonomis yang fantastis dengan Bold, di mana sebagai seri yang menjadi garis penjualan terbaik bagi perusahaan sejak kemunculannya. Setelah meluncurkan BlackBerry 10 sebagai platform terhebat mereka, apakah vendor ini benar-benar meninggalkan nuansa Bold yang sudah menjadi ciri khasnya?
 
BlackBerry memang telah mengubah susunan produk mereka, dengan sertifikasi lebih mewah. Blackberry Z10 dan Q10 yang terpilih untuk mewakili bahan yang sama seperti yang digunakan untuk mobil mewah atau produk kalangan atas. Namun, yang paling identik dengan Bold adalah Q10 yang memiliki papan ketik QWERTY yang besar.
 
Ketika Bold 9900 pertama kali diperkenalkan menampilkan bezel stainless steel dan pintu logam baterai berkelok-kelok, yang menyerupai serat karbon. BlackBerry Q10 juga hadir dengan kesan mewah yang sama. Meski sekilas serupa, BlackBerry Q10 sangat berbeda dalam hal estetika. Q10 masih tersemat bezel stainless steel, namun dalam nuansa warna hitam yang memberikan tampilan lebih elegan.
 
Bagian belakang Q10 terdapat fitur logam yang berkelok-kelok  yang menjaga body dari goresan.Sedangkan keyboard pada BlackBerry Q10 memiliki desain  lurus, bukan desain melengkung tradisional. Tombol 3% lebih besar dari Bold 9900, karena perubahan tersebut. Body Q10 pun terlihat sangat padat.
Bagi pengguna Bold, material dan tongkrongan Q10 akan sangat cocok untuk kamu, karena kamu akan merasa tetap menggunakan Bold namun dengan manfaat tambahan OS BlackBerry 10 di tangan. Untuk memilikinya, kamu harus bersabar karena perangkat tersebut akan tersedia pada bulan April mendatang.
(Jeruk Nipis)