Daya tarik dari Blackberry 10 yang menawarkan teknologi sekelas platform Android, tentu saja akan membuat siapapun  berpikir untuk beralih ponsel, dari  Android milik anda ke perangkat BlackBerry 10 terbaru.  Apakah kamu benar-benar membutuhkan informasi untuk membandingkan antara perangkat Blackberry 10 dengan perangkat Android?

Di sini kita akan memperlihatkan apa yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan akan mengganti smartphone yang sudah kamu gunakan. Blackberrry dengan BlackBerry 10 dapat memberikan kamu hampir semua teknologi yang sudah ada di smartphone Android.

Sebelum mengganti smartphone, hal utama yang perlu kita perhatikan adalah aplikasi e-mail, kontak, kalender, aplikasi/game, dan sedikit penyesuaian. Hal ini bertujuan untuk membantu kamu mengetahui perbedaan antara Blackberry 10 dengan Android, sehingga lebih memahami perbedaan keduanya sebelum memutuskan mengganti Android dengan Blackberry 10. 

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan mengganti Android anda dengan Blackberry 10 seperti dilansir dari CrackBerry, sebagai berikut:

E-mail, Calendar & Contacts 

BlackBerry 10 dapat memberikan semua yang  smartphone Android sudah miliki dengan beberapa pengecualian. Bila kamu sudah menggunakan Google -mail, kamu dapat dengan mudah mengatur fungsingnya pada BlackBerry 10 dengan sedikit usaha. Jika kamu tidak menggunakan Gmail sebagai email primer milikmu, itu tidak jadi masalah. Kamu dapat menggunakan alamat e-mail – Yahoo!, Outlook.com, alamat kerja – dengan BlackBerry 10. Bahkan, kamu dapat menambahkan beberapa akun e-mail  untuk satu perangkat dan mudah diakses.

Jika kamu memiliki kalender terpisah atau bahkan beberapa kalender, kamu dapat menggunakan CalDAV atau Exchange ActiveSync untuk menarik orang-orang ke perangkat BlackBerry10 milikmu.

Jika kontak kamu sudah berada dalam Google Cloud, kamu dapat menarik mereka bersama dengan e-mail dan akan tersimpan di perangkat BlackBerry 10 kamu. Hal yang sama berlaku jika kamu memiliki daftar kontak yang terpisah.  Kamu dapat menggunakan CardDAV atau Exchange ActiveSync untuk mengelompokkan daftar kontak tersebut.

Apps & Game

Sementara Google memiliki GooglePlay, BlackBerry memiliki BlackBerry World. Keduanya menawarkan sebuah pilihan besar terhadap aplikasi, musik, game, dan film, dimana BlackBerry mungkin mengecewakan  dalam kategori  aplikasi. 

Menjadi sebuah platform baru, tidak menjamin nama-nama aplikasinya akan mudah dicari. BlackBerry 10 sendiri memiliki aplikasi dasar seperti Twitter, Facebook dan Foursquare di dalamnya, serta aplikasi seperti Skype dan Whatsapp yang akan menyusul.

Produsen game pun seperti EA, Gameloft, dan Halfbrick tidak ketinggalan untuk terlibat dalam platform terbaru dari Blackberry tersebut. Serta beberapa permainan populer seperti World of Goo Wars dan Angry Birds juga tersedia. Selain  itu ada juga tersedia aplikasi tidak resmi seperti Dropbox, Box dan Evernote. Namun, Instagram belum tersedia bagi pengguna Blackberry. 

Kabar baiknya adalah bahwa kamu mendapatkan sejumlah besar aplikasi Android dan mereka akan bekerja dengan baik di BlackBerry 10.

Notifications 

Fitur Blackberry 10 Hub merupakan pusat kotak masuk untuk semua e-mail, SMS, BBM (BlackBerry Messenger), Facebook, dan Twitter, serta banyak lagi. Tidak seperti Android di mana masing-masing aplikasi membutuhkan kamu untuk menulis, membaca, atau membalas, dengan BlackBerry 10, kamu dapat menjawab semua notification tersebut langsung dari Hub. Berarti kamu tidak perlu ke aplikasi yang berbeda untuk membalas notification seperti e-mail atau SMS. 

(Jeruk Nipis)