Sebuah ide baik jika kamu menggunakan smartphone pada siang hari untuk melakukan berbagai banyak hal seperti browsing di internet, mendapatkan petunjuk arah saat mengemudi, mendengarkan musik, atau bersosialisasi dengan teman-teman kamu.

Tapi sebuah penelitian menemukan fakta bahwa menggunakan smartphone saat larut malam sebelum tidur bila tidak benar-benar diperlukan adalah ide yang sangat buruk. Dan smartphone tidak hanya akan merampas waktu tidur kamu saja, tapi itu akan mempengaruhi kesehatan kamu sendiri.

Meskipun telah menjadi kebiasaan buruk, diperkirakan bahwa 95% orang menggunakan berbagai jenis gadget sebelum tidur, baik untuk SMS, surfing web, atau menonton TV. Mungkin tidak semua dari mereka menyadari bahwa melakukan hal itu bisa membuatnya insomnia atau kesulitan untuk tidur. Terlebih jika kesulitan tidur bikin kamu jadi melamun dan memikirkan banyak hal yang serius seperti ujian di kampus atau pekerjaan.

Jadi jika kamu salah satu dari orang-orang yang secara teratur menggunakan smartphone atau tablet di tempat tidur pada malam hari, lihat infographic di atas ini. Tapi bukan-kah jika (PR) pekerjaan rumah atau tugas yang belum selesai juga akan bikin kita jadi susah tidur juga ya!