Image

Di balik usahanya untuk kembali ke persaingan, masih banyak pihak yang meragukan, bahkan meremehkan langkah BlackBerry untuk bangkit. Lewat peluncuran BlackBerry 10, perusahaan yang dulu bernama RIM tersebut menawarkan sebuah terobosan dalam menggunakan smartphone.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan BlackBerry 10 yang tidak dimiliki oleh smartphone lain, seperti dikutip dari NBC News.

Semua di dalam satu tempat

Saat berada di layar ‘Home’, kamu hanya tinggal menggeser layar ke arah kiri – atau menggeser ke atas lalu ke kanan bila sedang menjalankan aplikasi lain – untuk masuk ke BlackBerry Hub. Di sana kamu bisa melihat e-mail terbaru, pesan BBM, dan juga berinteraksi di media sosial yang terdaftar.

Tidak ada smartphone lain yang menggunakan sistem ini. Segala kepraktisan yang disediakan oleh BlackBerry menjadi kelebihan tersendiri dari Z10.

Keyboard virtual terbaik

Ketika virtual keyboard di smartphone lain hanya bisa membuat kamu frustasi karena salah pengetikan, BlackBerry menawarkan sebuah perbaikan yang signifikan. Dengan tombol-tombol virtual yang cenderung besar, kamu bisa dengan mudah mengetik pesan tanpa kesulitan berarti. BlackBerry juga memiliki fitur ‘Word Suggestion’ yang lebih baik di antara smartphone yang lain.

Sayangnya hingga saat ini, Jeruknipis belum menerima informasi mengenai ketersediaan Bahasa Indonesia di fitur tersebut.

Fitur TimeShift untuk memutar waktu

Untuk mendapatkan gambar terbaik, diperlukan juga sebuah momen yang tepat. Namun bila menggunakan BlackBerry Z10, kamu tidak perlu khawatir untuk kehilangan momen yang berharga. Berkat fitur TimeShift, kamu hanya perlu sedikit memutar tombol virtual di layar, untuk mendapatkan gambar wajah terbaik tanpa harus mengulang pengambilan gambar.

BlackBerry memang bukanlah smartphone pertama yang memiliki fitur sejenis TimeShift, namun BlackBerry berhasil membuat fitur ini menjadi lebih hebat dan revolusioner. Selain itu, aplikasi photo editor juga akan memberikan kamu kebebasan untuk berkreasi dengan foto-foto yang ada.

Komunikasi terhebat

BlackBerry Messenger (BBM) adalah fitur komunikasi terpopuler di kalangan pengguna BlackBerry. Namun di Z10, kamu bisa berkomunikasi dengan orang lain dengan cara yang jauh lebih canggih, yaitu dengan fitur video chat.

Menggunakan Z10, kamu bisa berkomunikasi dengan tiga orang sekaligus lewat video chat. Tidak ada gangguan berarti saat melakukan video chat. Gambar pun terlihat sangat jernih, walaupun hal tersebut tampaknya dipengaruhi oleh kualitas jaringan.

(Jeruk Nipis)