Saat ini baterai dengan kapasitas 2000 mAh bisa dibilang sangat tidak cukup mendukung penggunaan smartphone. Tapi tidak begitu dengan BlackBerry. Meskipun memiliki riwayat sebagai handset boros baterai, justru vendor Kanada ini tetap nekat menghadirkan baterai kapasitas 1800 mAh untuk BlackBerry Z10.

BlackBerry mengklaim telah melakukan optimisasi besar-besaran untuk sistem operasi BlackBerry 10. Salah satunya, meminimalisir konsumsi daya dari aplikasi yang digunakan.

Durasi Waktu Bicara (foto: GSMArena)

Dalam sebuah ujicoba yang diterbitkan GSMArena, Kamis (21/2/2013), BlackBerry Z10 memiliki waktu bicara hingga 8 jam 20 menit, hanya terpaut 20 menit di belakang iPhone 5. Hanya saja, jika dibandingkan dengan baterai Oppo Find 5 dan LG Optimus G, BlackBerry Z10 masih kalah jauh, karena kedua smartphone tersebut masing-masing bertahan hingga 14 jam 17 menit dan 15 jam 30 menit.

Penggunaan Browsing Internet (foto: GSMArena)

Untuk browsing tanpa penggunaan flash, BlackBerry Z10 dapat bertahan hingga 6 jam 27 menit, sangat jauh dari penggunaan browser Safari terbaru di iPhone 5 yang bertahan hingga 10 jam. Jika digunakan untuk memutar video, BlackBerry Z10 bertahan hingga 8 jam 44 menit, masih kalah jauh dari Motorola RAZR MAXX yang memiliki kemampuan dua kali lipat.

Durasi Pemutaran Video (foto: GSMARena)

Secara keseluruhan, menurut GSMArena, BlackBerry Z10 masih layak digunakan sebagai smartphone harian untuk penggunaan normal, tanpa harus bergantung dengan charger untuk ke mana-mana.

Meski terbilang masih kalah dengan smartphone masa kini, namun handset ini masih memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh para pesaingnya, yakni baterai yang bisa dilepas (removable battery). Dengan begitu, pengguna cukup membawa satu baterai cadangan saja untuk berjaga-jaga jika baterai yang digunakan sudah terkuras.

(Jeruk Nipis)