Bila kamu adalah seorang pengguna perangkat BlackBerry 7 dan memutuskan untuk beralih ke BlackBerry 10, maka kamu pastinya ingin agar tetap bisa mengakses data-data atau tetap menyimpan foto-foto yang ada di smartphone lamamu. Karenanya, kamu perlu mentransfer data-data tersebut ke perangkat baru.

Keberadaan program BlackBerry Link tampaknya akan sangat membantumu dalam proses pemindahan data ke perangkat BlackBerry 10 terbarumu. Dengan hanya menyambungkan perangkat-perangkatmu ke komputer, kamu tetap bisa mengakses data-data di BlackBerry 10.

Bagaimana caranya? Simak tips yang dilansir dari Crackberry, berikut ini.

Transfer data via BlackBerry Link

Pertama-tama kamu harus meng-install program BlackBerry Link ke PC (Mac atau Windows) kamu. Setelah itu, jalankan program BlackBerry Link dan sambungkan perangkat BlackBerry 7-mu menggunakan kabel microUSB.

Akan ada peringatan yang mengatakan bahwa BlackBerry Link tidak mendukung perangkatmu. Abaikan saja dan langsung klik ‘Transfer Device Data’ untuk melanjutkan.

Klik ‘Next’ bila muncul keterangan mengenai data-data apa saja yang bisa kamu transfer via Blackberry Link.

Proses pentransferan data akan dimulai. Ketika sudah selesai, akan ada peringatan untuk ‘Disconnect’. Cabut sambungan perangkat BlackBerry 7-mu, lalu koneksikan perangkat BlackBerry 10 ke komputer.

Ketika BlackBerry Link telah membaca perangkatmu, langsung klik tombol ‘Next’ yang akan diikuti oleh munculnya layar mengenai data-data apa saja yang bisa kamu transfer. Klik ‘Next’ lagi.

Proses transfer pun akan dimulai dan data-data yang tersimpan akan dialihkan ke perangkat BlackBerry 10-mu.

Ketika sudah selesai, layar konfirmasi yang memperlihatkan data-data mana saja yang gagal ditransfer akan muncul. Setelah itu, klik ‘Finish’.

Dari sini, kamu sudah bisa menggunakan perangkat BlackBerry 10 yang telah dilengkapi oleh data-data yang sebelumnya berada di perangkat BlackBerry 7. Selamat mencoba, Jerukers!

(Jeruk Nipis)