Penipuan dengan berbagai modus yang mengatasnamakan instansi atau perusahaan-perusahaan tertentu, akhir-akhir ini kembali marak. Setelah sebelumnya penipuan dilakukan dengan cara melempar kupon undian dan SMS, kini pelaku melakukan metode baru yakni via PIN Messagges BlackBerry.

Dalam pesan yang dikirim, si pelaku mengatasnamakan RIM BlackBerry Indonesia menyampaikan pemberitahuan bahwa pemilik PIN BlackBerry mendapatkan hadiah.

Untuk meyakinkan si pemilik BlackBerry bahwa ia dipilih menjadi pemenang undian, pelaku melampirkan nomor surat pengesahan dari instansi terkait seperti notaris, Polda Metro Jaya, Pemkot DKI Jakarta, Departemen Sosial RI dan Direktorat Jenderal Pajak.

Dalam isi surat, si pelaku mencantumkan syarat dan ketentuan penerimaan hadiah. Calon korban diwajibkan untuk melampirkan fotocopy identitas untuk kepentingan pembuatan dokumen hadiah yang akan diberikan.

Si penipu juga mencantumkan sejumlah nomor, yang seolah-olah bagian dari Humas perusahaan distributor BlackBerry yang resmi.

• Berikut foto isi surat penipuan urutan kolom per kolom:
1. http://bit.ly/14IAHWP
2. http://bit.ly/18oW9h6
3. http://bit.ly/14IAKSy
4. http://bit.ly/18oWbp8
5. http://bit.ly/14IAMK2
6. http://bit.ly/14IAQta
7. http://bit.ly/14IATp8

Jika Anda mendapati surat via PIN Messages, silahkan arahkan pointer paling atas yang mengatasnamakan “‎ Research In Motion (RIM)” akan muncul suatu nomor PIN PENIPU.

Bahwa surat elektronik yang dikirim via PIN BlackBerry adalah MODUS PENIPUAN.

Semoga berguna..

Copas dari milis kombb (Edwin F)