Sejak diperkenalkannya chipset mobile ARM 64-bit oleh Intel, MediaTek, dan Qualcomm, RAM 4GB seakan menjadi fitur wajib bagi smartphone flagship. Tentu saja, hal ini disambut oleh para manufaktur smartphone untuk berlomba menciptakan smartphone flagship dengan RAM 4GB. Tetapi, tidak semua produsen mengikuti langkah ini dan memilih untuk berada di lajur yang lebih santai.

Secara realistis, kecuali anda benar-benar membutuhkan RAM 4GB, tidak banyak yang anda perlukan dari Random Access Memory sebesar itu untuk Android. Anda masih bisa melakukan banyak hal dengan RAM 3GB, atau bahkan 2GB. Bahkan, Apple masih menggunakan RAM 1GB. Tetapi hal ini tidak menghentikan langkah dari beberapa produsen smartphone terkenal, seperti HTC, LG, Samsung, dan Sony untuk memberikan RAM 4GB pada smartphone-smartphone elite yang akan mereka ciptakan.

Bagi para penggemar smartphone yang mengedepankan spesifikasi, berikut adalah 5 smartphone yang sudah, baru saja, dan bakal hadir dengan RAM 4GB.

1. Oppo Find 9

Oppo bakal memperkenalkan smartphone terbaru, Oppo Find 9, yang akan dilengkapi dengan spesifikasi tinggi, antara lain, prosesor Snapdragon 810, RAM 4GB, dan layar besar Quad-HD antara 5,5″ atau 6″. Nantikan kehadirannya pada paruh pertama tahun 2015 ini.

2. Xiaomi Mi Note Pro

Phablet ini menjadi sebuah kejutan terbaru dari Xiaomi. Tidak seperti smartphone kebanyakan yang sudah diketahui, bahkan jauh hari sebelum perilisannya, hingga H-1 peluncurannya, masih banyak spekulasi yang beredar tentang apa yang akan diperkenalkan oleh Xiaomi.

Smartphone besar ini akan dilengkapi dengan, tentu saja RAM LPDDR4 4GB untuk melengkapi prosesor Snapdragon 810, layar Quad-HD 5,7″, audio berkualitas tinggi, serta baterai 3000mAh. Kesemuanya itu bisa didapatkan di pasaran China dengan harga $532.

3. ASUS ZenFone 2

Smartphone ini akan masuk dalam sejarah sebagai smartphone pertama di dunia yang pertama mengaplikasikan RAM 4GB (diperkenalkan 5 Januari). ZenFone 2 akan menggunakan layar 5.5″ 1080, sebuah Intel Atom Z3580 64-bit, kamera belakang 13MP dan depan 5MP dengan OIS, baterai 3000mAh, dan Android 5.0 Lollipop.

ASUS ZenFone 2 bakal diluncurkan di pasaran mulai Maret 2015.

4. Samsung Galaxy S6 Edge

Ini adalah salah satu perangkat komunikasi yang paling ditunggu untuk tahun 2015. Galaxy S6. Dan Samsung tampaknya bakal mengadopsi karya yang mendapat banyak perhatian dari penggemar smartphone di seluruh dunia, yaitu Edge-display, yang telah digunakan dalam Galaxy Note Edge, pada kedua sisi layar.

Samsung Galaxy S6 Edge kemungkinan juga akan menggunakan RAM 4GB, kamera belakang 20MP, dan prosesor octa-core Exynos 7420. Sebagai catatan, untuk Galaxy S6 kemungkinan akan menggunakan RAM 3GB saja. Diperkirakan, kedua flagship ini akan dibawa Samsung di ajang MWC bulan Maret nanti.

5. Sony Xperia Z4

Sebuah sumber dari Taiwan mengklaim bahwa Sony akan habis-habisan untuk generasi ke-empat dari flagship Xperia. Rumornya, Xperia Z4 akan ditawarkan dalam dua varian, 1080p dan 1440p. Untuk varian pertama akan menggunakan RAM 3GB, sementara yang kedua akan didukung RAM 4GB.

Versi dengan layar Quad-HD akan dilepas di pasaran Amerika, sementara beberapa pasar terpilih lainnya hanya akan mendapatkan varian 1080p.

Untuk spesifikasi lainnya, antara lain prosesor Snapdragon 810, dan kamera belakang 21MP.

(gopego)