Update Android Lollipop di versi 5.1 mendarat di tiga ponsel Android One. Yang buat spesial, upgrade ini hadir di Indonesia di tiga perangkat besutan vendor lokal Nexian, Mito, dan Evercoss. Satu kehormatan tersendiri Indonesia jadi wilayah pertama di dunia yang bisa mencicipinya. Apa saja yang baru di Lollipop 5.1? Berikut sembilan diantaranya.

Indonesia layak berbangga. OS mobile primadona di versi terkini di perangkat Android dijual pertama kali di Tanah Air. Diwakili oleh tiga perangkat masing-masing oleh Mito, Nexian, dan Evercoss, lewat proyek smartphone murah Android One, fitur apa saja yang jadi pembeda antara Lollipop 5.0 dan 5.1?

Sedianya pemutakhiran yang ada hanya bersifat minor. Namun bukan berarti update yang dihadirkan Google bukan fitur baru yang tidak menarik. Perubahan yang ada adalah sebagai berikut (changelog):

Silent mode (absen di versi 5.0).
Manajemen RAM lebih baik.
Perbaikan error aplikasi yang tiba-tiba tertutup.
Peningkatan manajemen baterai.
Perbaikan konsumsi berlebih jaringan perangkat saat menggunakan Wi-Fi.
Perbaikan fungsi “Okay Google.”
Perbaikan masalah notifikasi.
Perbaikan masalah suara dalam beberapa perangkat.
Perubahan dalam warna palet Material Design (setelah dikomplain pengguna, kemungkinan dalam versi smartphone premium).
Lollipop 5.1 setelah mendarat di Nexus “versi murah” ini selanjutnya bakal dihadirkan ke perangkat Nexus 5. Meski disebut sebagai versi Android paling fantastis, Lollipop memiliki banyak masalah kompabilitas di sejumlah perangkat. Update versi 5.1 diharapkan bisa memperbaikinya.

(Sidomi)