Samsung tampaknya harus bersiap kecewa. Menurut laporan terbaru perusahaan riset pasar Gartner, Apple telah berhasil menggeser Samsung dan menjadi vendor smartphone nomor satu di kuartal ke-4 tahun 2014.

Dalam laporan tersebut Apple tercatat telah menjual total 74,83 juta smartphone pada Q4 2014. Dibandingkan dengan Samsung yang berada di bawah Apple dengan 73,03 juta unit. Apa yang membuat Apple berhasil menggusur Samsung dari posisi puncak?

Ekosistem iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang kuat adalah salah satu faktor utamanya. iPhone baru ini juga menawarkan pilihan bagi pengguna yang mencari smartphone dengan layar lebih besar untuk alternatif Android.

Sementara kinerja Samsung di pasar smartphone semakin memburuk pada kuartal keempat 2014, dengan kehilangan hampir 10% market share. “Samsung terus berjuang untuk mengendalikan menurunnya market share smartphone, dari yang tertinggi pada kuartal ketiga 2013. Tren penurunan ini menunjukkan bahwa market share pengguna smartphone premium Samsung yang menguntungkan telah menurun.

Sedangkan posisi ketiga, keempat dan kelima, masing-masing ditempati oleh Lenovo, Huawei dan Xiaomi. Laporan ini juga mencatat bahwa penjualan smartphone tahun lalu mencapai 1,2 miliar unit, naik 28,4% dari 2013 dan menyumbang dua pertiga dari penjualan ponsel global.