Di ajang Mobile World Congress (MWC) 2015, di Barcelona, Spanyol pekan lalu, BlackBerry menawarkan nocan alias nomor cantik untuk PIN BlackBerry Messenger (BBM). Salah satu inspirasi BlackBerry jualan nocan ternyata Indonesia.

“Kami melakukan riset dan melihat ada banyak permintaan membuat PIN BBM unik dari negara-negara seperti Indonesia, di Timur Tengah dan Amerika Latin,” kata SVP Emerging Solutions of BlackBerry Matthew Talbot saat berbincang di kantor BlackBerry.

Lebih jauh, Matthew mengatakan PIN unik memiliki gengsi tersendiri bagi pemiliknya. Ini terbukti ketika BlackBerry merilis seri Porsche Design. Banyak konsumen di Timur Tengah menyukai bagaimana orang langsung mengetahui si pengguna memakai BlackBerry Porsche Design dari nomor PIN-nya.

“BlackBerry Porsche Design punya nomor uniknya sendiri. Ketika Anda membagi PIN unik, bisa jadi gengsi tersendiri. Banyak yang suka dengan itu,” paparnya.

Nocan PIN alias Custom PIN bisa didapatkan pengguna dengan cara membelinya dan berlangganan melalui BBM Shop. Adapun harga yang ditawarkan adalah USD 1,99 per bulan. Pengguna bisa membuat PIN sesuai keinginan, terdiri dari 6 hingga 8 karakter yang merupakan kombinasi huruf dan angka.

Ditanya mengenai bagaimana respons konsumen terhadap penawaran ini, Matthew mengaku belum bisa berbicara banyak, apalagi menyebut berapa jumlah pengguna BBM yang tertarik berlanggan nocan PIN BBM.

“Saya tidak bisa memberitahukannya. Karena masih sangat baru sekali. Kami merilis Senin lalu. Nanti akan kami beritahukan perkembangannya,” janjinya.