Apakah kamu punya sejumlah foto dan video disimpan pada smartphone Lumia? Pernahkan terkadang kamu merasa malas mencari-cari kabel data yang ternyata lupa kamu letakkan di mana sebelumnya, atau justru lupa tidak bawa kabel data?

Pakai bluetooth terkadang bisa menjadi solusi, tetapi kalau memikirkan dalam penggunaannya harus pairing dulu antara dua perangkat tersebut, betapa repotnya ya. Mengutip dari Microsoft Indonesia on Facebook, Selasa (10/3/2015), berikut ini tips cara mentransfer data dengan hanya menggunakan jaringan Wi-Fi.

Langkah pertama download aplikasi Lumia Share dari smartphone Lumia kamu. Kemudian buka Lumia Storyteller pada tablet, lalu hubungkan ke smartphone. Setelah selesai, kamu bisa melihat semua gambar dari smartphone di tablet dengan mulus. Jangan lupa memastikan bahwa kedua perangkat tersebut berada di jaringan Wi-Fi.

Untuk mentransfer ke perangkat PC juga bisa dengan hanya menggunakan jaringan Wi-Fi, caranya download dulu aplikasi Easy Transferdi Windows Phone. Setelah terinstal, kamu akan diarahkan untuk memasukkan sebuah link pada web browser PC kamu, tidak ada kode atau sandi diperlukan. Setelah koneksi Wi-Fi akan dinyalakan, kamu bisa melihat data foto, musik dan video dari folder Lumia kamu pada browser PC.

Kemudian Flyer Files juga memungkinkan untuk mentransfer data melalui Wi-Fi, di mana prosesnya hampir sama dengan Easy Transfer. Tetapi bedanya ada kode yang perlu dimasukkan. Setelah Lumia dan PC sudah terkoneksi jaringan Wi-Fi, masuklah ke aplikasi Flyer Files.

Pada layar utama ‘Connection’ dari aplikasi ini menunjukkan link yang harus kamu masiukkan pada browser web, lalu masukkan kode yang terdapat di bawahnya.

Selanjutnya, pada menu ‘Folder’, kamu dapat menambahkan sendiri file yang ingin kamu buka, mulai dari mengakses, gambar, musik, video, dokumen, download, nada dering, sampai screenshot.

Bagaimana mudah bukan? Coba sendiri ya di Windows Phone kamu.

(Jeruknipis)