Pasti banyak yang masih mengingat Nokia 3310. Ponsel legendaris di masa jaya Nokia itu pernah diandalkan banyak orang di masa silam. Bahkan ada yang menyebutnya ponsel terbaik sepanjang masa. 

 Media teknologi Tech Radar memberikan gelar tersebut dengan judul Nokia’s 3310: the greatest phone of all time. Melalui penulisnya, Ben Stinson, Tech Radar memaparkan nostalgia menarik soal Nokia 3310. 

Simak kisahnya berikut ini.

‘Setelah dibeli dan digusur Microsoft dari dunia mobile, Nokia yang selama ini kita kenal lenyap. Namun ada masa keemasan Nokia di abad ke-20, ketika mereka memperkenalkan banyak handset yang meraih sukses, yang membuat mereka mendominasi pasar mobile. 

 Tahun 1990 dan awal 2000-an, ponsel Nokia dicintai jutaan orang. Tahun 1999, ketika Nokia 3210 lahir, itulah saat Nokia mampu menciptakan kombinasi harga, ukuran dan fitur yang cocok untuk konsumen luas. Bisa SMS, ada game Snake dan adalah ponsel harga terjangkau pertama di pasar dengan antena internal. 

 Sukses Nokia 3210 memicu Nokia menciptakan perangkat yang dicintai di seluruh dunia, 3310. Ponsel kompak ini memiliki semua fitur di 3210, tapi lebih kecil dan lebih ringan, beratnya 133 gram. Bisa juga dikustomisasi casingnya, dan beberapa peningkatan lain.

Ponsel ikonik ini pun banyak dikenang. Dan ia telah terjual lebih dari 126 juta unit sejak peluncurannya pada 1 September 2000.