Google tercatat menjadi search engine nomor satu di dunia. Namun baru-baru ini market share Google menunjukkan penurunan 75% untuk pertama kalinya sejak tahun 2008. Hal ini dikarenakan Mozilla tidak lagi menggunakan Google sebagai default search engine mereka dan menggantinya dengan Yahoo. Tampaknya Google kini tengah berupaya mendapatkan kembali pengguna Firefox mereka. 

Menurut laporan dari SearchEngineLand, Google saat ini menampilkan sebuah pesan baru di atas hasil pencarian yang mendorong pengguna Firefox untuk beralih default search engine dari Yahoo ke Google. Pengguna yang mengklik “Learn how” akan diarahkan ke sebuah halaman yang memberikan panduan langkah-langkah untuk mengubah default search engine di Firefox. 

Google melengkapi panduannya dengan image yang cukup jelas, sehingga dapat dimengerti dengan mudah. Namun tampaknya Google hanya menampilkan pesan ini pada traffic dari Firefox, karena hal serupa tidak ditemukan ketika menggunakan browser Chrome atau Safari. Hmm.. mampukah Google kembali mendapatkan penguna mereka?

(Gopego)