Bulan Januari lalu, Intel selaku salah satu rekanan terbesar Microsoft mengumumkan produk terbaru mereka yang bernama Compute Stick; sebuah USB stick yang mampu mengubah monitor atau smart TV Anda menjadi sebuah komputer Windows 8.1.

Microsoft tampaknya menganggap bahwa perangkat semacam ini merupakan salah satu solusi mobile terbaik yang mampu mendorong tingkat adopsi Windows 10, dan kemarin Microsoft cabang Korea Selatan mengumumkan sebuah produk serupa yang dibuat oleh salah satu rekanan mereka yaitu Lucom.

USB stick ini panjangnya cuma 11cm dan bobotnya cuma 46 gram; sekalipun pada awal perilisannya masih akan menggunakan Windows 8.1, namun spesifikasi USB ini diklaim telah mencukupi untuk mengunduh upgrade Windows 10 yang dirilis secara gratisoleh Microsoft. Spesifikasi prosesor Intel yang digunakan tidak dijelaskan, namun dari foto yang dirilis bisa dilihat bahwa kelengkapannya meliputi sebuah port HDMI, USB, miniUSB, memori internal 16GB/32GB, serta slot microSD card.

Tidak jelas berapa harga yang dipatok untuk tiap unitnya, walaupun tidak menutup kemungkinan kalau USB stick ini bakal dibanderol sekitar $149, mirip seperti harga Intel Compute Stick.

Perilisan produk ini merupakan salah satu upaya Microsoft cabang Korea Selatan untuk menghadirkan Windows 10 di sebanyak mungkin perangkat. Apalagi mengingat bahwa mayoritas penduduk di kota besar Korea Selatan tinggal di apartemen yang kecil, maka penggunaan sebuah USB stick yang mampu mengubah sebuah smart TV menjadi sebuah komputer jelas dianggap sebagai sebuah solusi yang ideal untuk menghemat ruangan.

(Gopego)