Reuse dan Recycling Program bukanlah hal baru bagi Apple. Program serupa memungkinkan pemilik iPhone bisa menukar dengan iPhone baru, tentu dengan perhitungan ongkos yang harus ditambahkan. Namun, tampaknya program Apple tahun ini bakal sedikit berbeda karena kabarnya Apple bersedia menerikam smartphone selain iPhone. Lho?


Laporan ini datang dari 9to5Mac, menyebutkan program Reuse dan Recycling Program akan dibuka untuk menerima ponsel non-Apple, termasuk smartphone Android. Sebagai gantinya, Apple akan memberikan gift card yang bisa dipakai untuk membeli iPhone di Apple Store.

Seperti halnya program tukar-tambah iPhone, program kali ini juga harus melewati meja pegawai Apple Store terlebih dulu. Smartphone yang akan ditukar akan diteliti untuk mengevaluasi kondisi serta fungsinya sehingga bisa ditentukan nilai jualnya.

“Program tersebut akan dimulai dalam beberapa pekan mendatang, terlihat dari intensifnya program pelatihan pegawai Apple retail store yang dilakukan dalam pekan ini. Para pegawai Apple nantinya akan bisa melakukan transfer contact dari ponsel non-Apple ke iPhone tetapi data lainnya harus dipindah sendiri oleh konsumen.”

Program ini tampaknya bakal disambut baik oleh banyak pihak, terutama pengguna ponsel Android. Meski demikian diperkirakan program tukar-tambah ini tidak akan menghasilkan banyak ponsel yang ditukar mengingat program serupa telah dilakukan Amazon bulan Agustus lalu, sebelum iPhone 6 dirilis. Saat itu nilai tukar yang diberikan Amazon sangat tinggi untuk sebuah iPhone bekas. Dalam hal ini tentu konsumen lebih memilih menukar ponsel Android mereka dengan sebuah iPhone 6 di Amazon, bukan?   

(Gopego)

Advertisements